Thursday 18 April 2013

Pengenalan Umum tentang Kayu

1. Pengertian Kayu
         Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan) yang biasa digunakan sebagai bahan konstruksi. Kayu biasa digunakan untuk membuat konstruksi bagunan (kuda-kuda, jembatan, dermaga, dll), perabot rumah tangga, hiasan dan sebagainya.
2. Bagian-bagian Kayu
        Bagian-bagian kayu terdiri dari: kulit luar, kulit dalam, kambium, kayu gubal, kayu teras, hati, lingkaran tahun, jari-jari, kayu awal dan kayu akhir.

Gambar 1. Bagian-bagian Kayu

3. Kegunaan kayu

Perkembangan penggunaan kayu ada yang digunakan sebagai non struktur dan ada yang digunakan sebagai struktur. Struktur bangunan kayu dari masa yang lalu sampai masa sekarang, termasuk sistem-sistem bangunan industri sudah berkembang dari tahun ke tahun sampAi saat ini. Tidak ada konstruksi bangunan lain yang dapat diperhatikan perkembangannya secara terus menerus dari permulaan sampai sekarang selain gambar pertukangan dengan tangan hingga cars masinal modern. Dalam hubungan ini konstruksi bangunan kayu adalah bentuk dasar (prototype) suatu bangunan pre-fabricated dan bangunann rangka. Konstruksi bangunan kayu kita bagi atas dua golongan menurut pembangunannya yaitu :
1. Konstruksi rangka-rangka tersusun dengan pembangunan konstruksi dinding setingkat demi setingkat berkonstruksi biasanya dengan balok – balok.
2. Konstruksi rangka-rangka terusan dengan pembangunan konstruksi dinding dengan tiang-tiang yang menembus melalui semua ingkat bagngunan berkonstruksi biasanya dengan papan.
Konstruksi rangka rangka tersusun yang tradisional.
1. kasau
2. tambahan kasau miring
3. peran dinding
4. balok loteng
5. tiang
6. palang
7. bantalan
8. tiang sudut
9. kuda-kuda penopang
10. ambang jendela
11. balok loteng ekor

Contoh gambar kuda-kuda
Gambar 2. Bagian-bagian Kuda-kuda

No comments:

Post a Comment